Search

Merawat Dan Memperhatikan Orang Lanjut Usia - Berita Terbit

beritaterbit.com – Virgini Elisabet Kaawoan, Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Universitas Katolok De La Salle Manado

Lansia merupakan seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun sampai akhir hidup atau tahap akhir dari fase kehidupan. Jumlah lansia di sulut saat ini sekitar 2.461.028 jiwa. Kondisi kesehatan fisik, mental dan perkembangan kognitif mulai menurun, seperti penuaan yang terlihat seperti kulit yang lebih pucat,lemak dan otot menyusut,maka kulit akan mengeriput. Juga ada fungsi-fungsi yang mulai menurun seperti sensori dan motoric atau kemampuan penglihatan dan pendengaran serta rentang mengalami gangguan seperti katarak dan tuli.

Adapun kekuatan, keseimbangan berkurang sehingga sehingga aktivitas yang di lakukan juga mulai terbatas. Selain itu perkembangan kognitif menurun di sebabkan karena adanya kemampuan fungsi otak yang mulai menurun atau mengalami gangguan kesehatan seperti Alzhaimer dan demensia.

Merawat orang yang lebih tua atau lansia itu tidaklah semudah seperti merawat anak kecil. Karena anak kecil takut kepada kita sedangkan lansia tidak takut kepada kita, biasanya orang yang sudah lanjut usia karakter dan sifatnya akan berubah menjadi seperti anak-anak, bahkan akan ada sifat yang membuat kita jengkel. Kita harus menjadi pendengar yang baik mungkin terdengar mudah tetapi ketika mereka bercerita pasti ada cerita yang sudah perna mereka katakan beberapa hari yang lalu, tapi kita harus bisa menerima dan mendengar dengan baik apa yang di katakan.

Selanjutnya kita harus menjadi teman dari para lansia agar dia tidak merasa kesepian dalam kesehariannya, kita harus mengajak jaan-jalan, mengobrol, dan bercanda. Berikan juga perhatian serta pujian kepada mereka, ketika bertemu lansia di jalan sapa dan berikan pujian yang sederhana seperti “hallo apa kabar nenek, nenek kelihatan sangat cantik hari ini” walaupun sederhana itu akan membuat mereka merasa di perhatikan. Dan biarkan mereka melakukan aktivitas-aktivitas sederhana yang membuat dirinya berguna contoh “menyapu halaman” agar mereka tidak merasa bosan dan juga menjaga kesehatan tetap stabil.

Ada hal-hal yang harus kita perhatikan dalam merawat lansia :

1. Waspadai Depresi
Depresi pada orang yang lebih tua dapat menyebabkan risiko tinggi akan muncul penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung. Sulit untuk mengetahi tanda ketika lansia depresi. Lansia kan selal terlihat lelah, sulit tidur, cepat marah dan mudah tersinggung.

2. Asupan Gizi
Gizi setiap orang tentu berbeda,begitu juga dengan orag yang lebih tua. Untuk gizi lansia laki-laki yang sekitaran usia 65-80 tahun lebih baik menkonsumsi 1900 kkal per hari dan untuk yang telah berusia 80 tahun keatas dibutuhkan 1525 kkal perhari. Dan untuk lansia perempuan yang sekitaran usia 65-80 tahun gizi yang di butuhkan adalah 1500 kkal,sedangkan untuk lansia usia 80 tahun keatas butuh 1425 kkal setap hari. Selain gizi tersebut kita harus memperhatikan makan yang makan yang harus di hindari para lansia. Asupan gizi yang seimbang dapat mencegah timbulnya penyakit pada lansia,misalnya makan buah dan sayur setiap hari dan banyak mengkonsumsi air putih.

a. Makanan rendah lemak
Dalam memilih asupan makanan yang mengandung lemak sehat sangat penting seprti yoghurt atau susu. Dengan mengkonsumsi lemak yang sehat dapat memberikan perlindungan sendi,otak dan menyimpan energy untuk tubuh lansia.

b. Kopi
Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan proses kerutan pada kulit lebih cepat.

Dan juga diharapkan untuk tidak mengkonsumsi garam dan gula berlebihan, karena dapat menyebabkan hipertensi dan diabetes. Makanan yang setengah mateng juga tidak bole,seperti telur mentah atau setengh matang, mayonnaise yang dibuat sendiri, untuk menjagah kesehatan.

3. Perawatan gigi dan mulut
Masalah gigi dan mulut seperti mulut kering karena kurangnya air liur, warna gigi berubah menjadi gelap jika lansia mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak warna gigi contoh, kopi, dan teh.

”Rawatlah dan perhatiakan masyarakat lanjut usia dengan baik dan tulus hati.”

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
March 03, 2020 at 07:13PM
https://ift.tt/2uQCtuR

Merawat Dan Memperhatikan Orang Lanjut Usia - Berita Terbit
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merawat Dan Memperhatikan Orang Lanjut Usia - Berita Terbit"

Post a Comment

Powered by Blogger.