Search

Awas, Ini Akibat dari Penurunan Massa Otot saat Lanjut Usia - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Seiring dengan bertambahnya usia, massa otot manusia akan berkurang. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa menginjak usia 40 tahun, massa otot akan menurun sebanyak delapan persen per tahunnya. Adapun hal tersebut meningkat hampir dua kali lipat pada usia 70 tahun.

Dengan massa otot yang berkurang, dokter spesialis penyakit dalam C. H. Soejono pun mengatakan bahwa otot akan semakin mengecil. “Otot yang mengecil ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan,” katanya saat ditemui dalam acara Stand for Strength di Jakarta pada Kamis, 5 Maret 2020.

Dampak negatif pertama adalah kekuatan yang menurun. Konsultan geriatri itu menjelaskan bahwa kekuatan yang menurun akan mengurangi produktivitas pula. “Lansia akan kesulitan beraktivitas, berjalan dan bergerak. Ini termasuk kerugian,” ungkapnya.

Kekuatan yang menurun juga membuat para lansia lebih sering berbaring di kasur. Padahal, berbaring dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan dekubitus atau nyeri tulang. “Kalau lansia terbiasa tidur dengan satu posisi karena tidak mampu bergerak, seluruh bagian tubuh akan terus-menerus mengalami penekanan dan muncul luka. Itu nyeri sekali,” jelasnya.

Kontraktur atau kekakuan sendi juga bisa dialami oleh seseorang dengan imobilitas. Soerjono mengatakan bahwa lansia yang mengalami otot mengecil memang berisiko kontraktur. “Ini tidak boleh disepelekan karena termasuk kecacatan fisik,” tegasnya.

Tentu tidak ada yang mau mengalami masalah-masalah kesehatan akibat penurunan massa otot. Soerjono pun mengatakan bahwa hal ini bisa diminimalisir dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan berusaha untuk tetap aktif. “Kuncinya usahakan banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan tetap berolahraga,” tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
March 10, 2020 at 12:45PM
https://ift.tt/2VZRB4j

Awas, Ini Akibat dari Penurunan Massa Otot saat Lanjut Usia - Tempo
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awas, Ini Akibat dari Penurunan Massa Otot saat Lanjut Usia - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.