Search

Naik 7 Kali Berturut-Turut, Reli IHSG Besok Berpotensi Lanjut - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan ketujuh secara berturut-turut dengan penguatan sebanyak 7 poin atau 0,11% pada level 6.198.

Namun, nilai transaksi turun Rp 2,16 triliun menjadi Rp 8,1 triliun jika dibandingkan transaksi akhir pekan lalu sebesar Rp 10,26 triliun, yang menandakan pelaku pasar cenderung "wait and see" menunggu susunan kabinet Presiden Jokowi yang baru.

Secara teknikal, IHSG masih dalam tren naik jangka pendeknya. Secara rata-rata, IHSG masih bergerak di atas rata-rata nilai perdagangannya dalam lima dan dua puluh hari terakhir (moving average/MA5/MA20), yang dicitrakan dengan garis melintang berwarna hijau dan ungu pada grafik.

Ada potensi IHSG akan kembali naik secara terbatas pada perdagangan esok, pasalnya indikator teknikal Relative Strength Index (RSI) menunjukkan IHSG belum memasuki wilayah jenuh belinya (overbought).

Sumber: Tim Riset CNBC Indonesia

Penguatan IHSG mulai terlihat ketika dibuka dengan kenaikan meyakinkan sebesar 0,26% karena pelaku pasar dalam negeri mengapresiasi proses pelatikan Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin, yang berjalan secara aman dan damai. Tujuh menit kemudian IHSG menguat hingga 0,59%, sekaligus mencatatkan level tertinggi hariannya di 6.228.

Selepas itu, IHSG tak pernah mencicipi level tersebut akibat tekanan investor asing yang lebih memilih menjual saham koleksinya. Asing hari ini di pasar reguler mencatatkan jual bersih (net sell) senilai Rp 45,9 miliar. Hingga sesi I berakhir, penguatan IHSG hanya tersisa 0,12% ke level 6.199,51.

Memasuki babak kedua IHSG cenderung turun bahkan sempat masuk ke zona merah, beruntung investor lokal yang mendominasi perdagangan hari ini dengan persentase sebesar 79% mampu membalikkan keadaan dengan melakukan koleksi pada saham-saham blue chips sehingga IHSG mampu berakhir dengan positif.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(yam/yam)

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
October 21, 2019 at 06:18PM
https://ift.tt/32zffVF

Naik 7 Kali Berturut-Turut, Reli IHSG Besok Berpotensi Lanjut - CNBC Indonesia
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Naik 7 Kali Berturut-Turut, Reli IHSG Besok Berpotensi Lanjut - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.