Search

Ratusan FKTP Lanjut Komitmen Beri Layanan Terbaik - Suara Jatim Post

PASURUAN - Ratusan perwakilan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo sepakat lanjutkan kerjasamanya dengan BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan.

Ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Sosialisasi antara BPJS Kesehatan dengan ratusan FKTP tersebut.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer (PMP) BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan, Emmy Riung Panjaitan mengatakan pentingnya sosialisasi ini. Menurutnya, banyak hal ingin disampaikan mengingat awal tahun selalu ada penyegaran.

“Kegiatan hari ini sebenarnya kita mulai dari sosialiasi dulu ya. Sosialisasinya tentang isi perjanjian kerja sama, terus ada hak dan kewajiban, ruang lingkup pelayanan kemudian bagaimana tarifnya serta jadwal. Jadi, semua itu ada kaitannya. Ini kembali lagi pada kepatuhan dari masing-masing FKTP atas apa yang disepakati dalam perjanjian kerja sama,” terang Emmy, sapaan akrabnya, Selasa (14/01/2020).

Regulasi memang jadi hal vital dalam sebuah kerja sama. Dalam paparannya, Emmy turut menerangkan bagaimana soal definisi, ketentuan, hingga apa saja yang bisa membuahkan sanksi bagi FKTP. Melalui sosialisasi, diharapkan informasi yang disampaikan jadi lebih mudah diingat dan diterima. 
Lebih lanjut, Emmy menambahkan jika tahun ini ada hal yang baru dari tahun sebelumnya.

“Ya, ada poin tambahan untuk tahun ini. Poinnya tentang audit rujukan. Sudah tercantum di lembar PKS (Perjanjian Kerja Sama, red) dan sudah kami sosialisasikan juga. Harapannya tentu untuk peningkatan kualitas layanan agar lebih profesional ya. Karena kalau ranahnya sudah non-spesialistik, mau tidak mau harus selesai di FKTP karena lingkup pelayanannya memang di sana. Ini juga sekaligus menekan angka rujukan bila kasusnya tak perlu sampai di rumah sakit,” tambahnya. 

Sementara itu, dr. Dwinarti Arthawardani, salah seorang dokter umum di Kota Pasuruan, mengungkapkan jika penandatanganan yang diisi dengan sosialisasi ini amat membantu dirinya.

Menurutnya, hal ini seperti ini akan lebih mudah diingat bagaimana isi dari perjanjian kerja samanya.

“Alhamdulillah, dengan penandatanganan dan ada sosialisasi tentang isi dari PKS kita jadi lebih paham. Karena kan biasanya kita hanya tanda tangan tanpa tahu isinya. Dan hari ini kita juga bisa langsung bertanya apa saja yang belum mengerti kepada narasumber sehingga praktik di lapangan nantinya bisa sesuai regulasi. Saya melihat juga ada beberapa pengembangan dari tahun sebelumnya dimana yang pasti ini sebagai langkah maju untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Dari saya pribadi siap untuk melanjutkan pelayanan baik yang sudah berjalan,” ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
January 17, 2020 at 10:02AM
https://ift.tt/38dTZaw

Ratusan FKTP Lanjut Komitmen Beri Layanan Terbaik - Suara Jatim Post
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan FKTP Lanjut Komitmen Beri Layanan Terbaik - Suara Jatim Post"

Post a Comment

Powered by Blogger.