Search

Mengapa Jokowi Pilih Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah mengumumkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjadi komisaris utama Pertamina. Penunjukannya secara resmi akan diputuskan dalam rapat umum pemegang saham perseroan, Senin (25/11/2019).

"Insya Allah saya rasa sudah putus dari beliau (Presiden Joko Widodo selaku ketua Tim Penilai Akhir). Pak Basuki akan menjadi komisaris utama Pertamina," ujar Erick kepada wartawan ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Lalu, apa yang menjadi alasan Jokowi menunjuk Ahok sebagai komisaris utama Pertamina? Erick pun menjelaskan Pertamina memiliki tugas berat, misalnya mengurangi impor minyak dan gas.


"Bukan berarti anti impor, tapi mengurangi proses-proses dari pada refinery ini sangat berat. Saya perlu team work yang besar, tidak hanya dirut saja, harus bagi tugas semua," katanya.

"Karena itulah kemarin kita mau orang yang pendobrak. Bukan marah-marah. Saya rasa Pak Basuki berbeda, Pak Ahok berbeda. Jadi kita perlu figur pendobrak supaya sesuai target. Toh beliau tuh komisaris utama, kan direksinya yang day to day," lanjut Erick.

Lebih lanjut, bos Mahaka Media itu mengaku dalam waktu dekat akan mengundang direktur utama dan komisaris utama dari 30 BUMN. Inti dari pertemuan adalah Erick menginginkan soliditas di dalam perusahaan pelat merah.


"Saya gak mau ada drama-drama di dalam perusahaan. Komut menjelekan dirut, dirut menjelekkan komut. Saya gak mau. Kita rapat bersama. Kalau ada perbedaan, ayo kita duduk karena tidak mungkin direksi berjalan tanpa dukungan komisaris. Komisaris bukan direksi," kata Erick.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga mengatakan, Erick mengusulkan Ahok menjadi komut Pertamina karena Ahok punya pengalaman yang baik dalam bidang pengawasan. Arya mengatakan, pemilihan Ahok sebagai anggota dewan komisaris sejalan dengan rencana Kementerian BUMN untuk memperkuat pengawasan.

"Nanti komisaris perannya sangat besar. Pak Ahok akan jadi ketua kelas komisaris Pertamina," ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Jumat (22/11/2019). "Pengawasan, distribusi, efisiensi dan kilang juga penting. Ada harapan kita bikin kilang Indonesia." lanjut Arya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
November 24, 2019 at 02:20PM
https://ift.tt/35v0sfK

Mengapa Jokowi Pilih Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina? - CNBC Indonesia
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengapa Jokowi Pilih Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.