Search

Indonesia: Pertumbuhan PDB Q3 Kemungkinan Turun Lebih Lanjut - Standard Chartered - FXStreet

Aldian Taloputra, ekonom senior Standard Chartered, memperkirakan pertumbuhan PDB Indonesia telah mereda lebih lanjut menjadi 5,0% y/ y di Q3 dari 5,1% di Q2 pada perlambatan konsumsi dan pertumbuhan ekspor yang lemah.

Kutipan Utama

“Dampak memudar dari belanja pemilu dan liburan dan belanja sosial yang lebih lambat mungkin menyebabkan konsumsi rumah tangga yang lebih lemah (5,1% berbanding 5,2% pada Q2). Konsumsi pemerintah cenderung melambat menjadi 3,0% y/y dari 8% di Q2 selama transisi pemerintah. Konsumsi pemerintah pusat - terdiri dari personalia, material, dan pengeluaran sosial bersih dari pendapatan agen umum - mungkin telah mengalami kontraksi 0,8% y/y di Q3 (terendah sejak Q2-2017). Ekspor kemungkinan menyusut 0,1% y/y di Q3, mereda dari -1,8% di Q2, didukung oleh ekspor otomotif, baja, dan perhiasan."

“Sementara itu, investasi mungkin telah meningkat 6,3% y/y, lebih cepat dari 5,0% di Q2, dipimpin oleh pembangunan investasi dan peningkatan investasi infrastruktur pemerintah. Berkurangnya risiko politik pasca pemilihan mungkin telah mendukung kepercayaan investor. FDI naik 5,3% y/y di Q3, versus penurunan 2,1% di Q2, dipimpin oleh sektor transportasi, komunikasi, penyimpanan dan utilitas."

“FDI dari China meningkat lebih dari dua kali lipat pada basis tahunan menjadi USD 1 miliar di Q3, dan diperkirakan akan meningkat lebih lanjut karena meningkatnya ketegangan perdagangan AS-China. China telah melampaui Jepang untuk menjadi investor terbesar kedua YTD. Selain itu, sektor korporasi telah secara aktif mengumpulkan dana dari pasar modal (yaitu penerbitan obligasi dan IPO) untuk mengambil keuntungan dari transmisi kebijakan moneter yang lebih cepat.”

“Kami berharap Bank Indonesia (BI) merespons pertumbuhan yang lebih lemah dari perkiraan dengan kebijakan moneter yang akomodatif (BI memperkirakan pertumbuhan sekitar 5,1% pada Q3). Kami mempertahankan perkiraan kami untuk pengurangan 25bps pada bulan Desember atau menurunkan rasio persyaratan cadangan (RRR) sebelum akhir tahun ini.”

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
November 04, 2019
https://ift.tt/2WHhrIP

Indonesia: Pertumbuhan PDB Q3 Kemungkinan Turun Lebih Lanjut - Standard Chartered - FXStreet
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia: Pertumbuhan PDB Q3 Kemungkinan Turun Lebih Lanjut - Standard Chartered - FXStreet"

Post a Comment

Powered by Blogger.