Search

PAW untuk Gantikan Penyelenggara Ad Hoc, yang Tak Bisa Lanjut Kerja - Jawa Pos

SIDOARJO-Pelaksanaan pilkada 2020 telah dipastikan ditunda oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Opsi tercepat penundaan hingga 9 Desember 2020. Para anggota Ad Hoc seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah terbentuk juga dinonaktifkan sementara.

Mengingat waktu penundaan pilkada yang tidak sebentar, juga dimungkinkan adanya anggota penyelenggara Ad Hoc yang tidak bisa bekerja saat pelaksanaan pilkada kembali dimulai, KPU Sidoarjo memilih untuk mengandalkan petugas Penggantian Antar Waktu (PAW) sebagai solusi.

Ketua KPU Sidoarjo M Iskak mengungkapkan, jika pelaksanaan pilkada kembali dimulai, maka para anggota PPK dan PPS yang sudah terbentuk bakal dipanggil. Mereka langsung melanjutkan sejumlah pekerjaan yang tertunda selama masa penonaktifkan. “Petugas PPK dan PPS tetap, artinya tidak perlu melakukan seleksi ulang,” katanya.

Namun, tidak memungkiri adanya perubahan kondisi di masing-masing anggota PPK ataupun PPS. Sehingga perlu ada pergantian anggota. “Misalnya meninggal dunia, jadi pengurus parpol, atau menikah sesama penyelenggara,” tandasnya.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas mengungkapkan, ada opsi yang diambil KPU dalam menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus seleksi ulang. “Bisa memanggil anggota PAW,” terangnya.

Anggota PAW adalah anggota cadangan yang sebelumnya sudah mengikuti rangkaian seleksi PPK maupun PPS. Mereka juga dinilai lolos seleksi, namun karena kuota yang dibutuhkan sudah terpenuhi maka posisinya masuk dalam PAW.

Menurutnya, PAW sengaja disiapkan sejak proses seleksi awal. Mereka bakal menggantikan anggota PPK dan PPS yang memang tidak bisa melanjutkan pekerjaan di tengah perjalanan. 

Contohnya, pada pelaksanaan pemilu sebelumnya banyak dijumpai penyelenggara pemilu hingga aparat yang tumbang selama pelaksanaan pemilu karena kelelahan. Padahal, ada beberapa pekerjaan yang sebenarnya juga belum tuntas. (son/vga)

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
April 08, 2020 at 07:08PM
https://ift.tt/2xh4Jbl

PAW untuk Gantikan Penyelenggara Ad Hoc, yang Tak Bisa Lanjut Kerja - Jawa Pos
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PAW untuk Gantikan Penyelenggara Ad Hoc, yang Tak Bisa Lanjut Kerja - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.