Search

Pasien Corona Usia Lanjut Bisa Disembuhkan - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews

  • Kamis, 23 April 2020 | 21:17 WIB
  • Penulis:
    • Amelia Hapsari

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Angka kesembuhan pasien positif corona di DIY terus meningkat. Sejak kasus positif pertama kali ditemukan pada 15 Maret 2020, hingga Kamis (23/4) ini tercatat 32 pasien dinyatakan sembuh.

Angka ini jauh diatas kasus pasien yang meninggal dunia yakni sebanyak tujuh orang. Adapun, total jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 76 orang.
Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, dua pasien yang dinyatakan sembuh pada Kamis (23/4) tergolong resiko tinggi. Keduanya adalah lansia yang masing-masing berusia 63 tahun (pasien kasus 55), dan 73 tahun (kasus 65).

Selain usianya sudah lanjut, pasien tersebut juga diketahui memiliki penyakit penyerta atau komorbid. "Pasien kasus 55 mempunyai riwayat penyakit diabetes melitus, jantung, dan hipertensi," kata Berty, Kamis (23/4).

Kesembuhan dua pasien itu menambah panjang daftar kasus positif Covid-19 usia lanjut yang berhasil sembuh. Hingga saat ini, dari seluruh kasus yang sembuh diketahui 11 pasien diantaranya berusia diatas 50 tahun.

Pakar Geriatri UGM, Probosuseno mengatakan, untuk menjaga lansia dari kemungkinan infeksi virus corona dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Salah satunya menjaga asupan nutrisi, dan kebutuhan cairan dengan minum air hangat yang cukup tanpa harus menunggu haus.

"Makan sayur lodeh juga bagus karena mengandung zat-zat yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh," jelasnya.

Tips lainnya adalah mendorong lansia untuk rutin melakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit setiap hari. Contoh olahraga ringan itu seperti tepuk tangan keras-keras selama satu menit, dan mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah 100 kali pada waktu pagi, siang, dan malam.

Cara yang lain adalah menghindari stres, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan badan, dan sebisa mungkin meminimalisir aktivitas ke luar rumah untuk menghindari kerumunan.

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
April 23, 2020 at 09:17PM
https://ift.tt/2yB4F6v

Pasien Corona Usia Lanjut Bisa Disembuhkan - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasien Corona Usia Lanjut Bisa Disembuhkan - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.