Search

LA LIGA: Pilih Hancur atau Lanjut ! - Jambi Independent Online

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MADRID – Di saat referendum kemerdekaan Catalonia tengah membawa, sosok Presiden La Liga Javier Tebas menjadi orang yang paling tenang saat menghadapi wacana bahwa salah satu raksasanya, Barcelona akan hengkang dari La Liga, Oktober 2017 silam. Ia mengatakan kompetisi yang mereka atur tidak akan rugi jika Barcelona pindah kompetisi.

Tebas mengungkap hal ini menyusul kian dekatnya keputusan kemerdekaan Catalonia. Andai merdeka, ada wacana pemindahan Barcelona ke kompetisi lain di Eropa. “La Liga tanpa Barcelona? Saya pikir tak masalah. Kami akan kena dampak, tapi saya yakin kami bisa bangkit dengan cepat,” ungkap Tebas dikutip Goal Internasional.

Tiga tahun kemudian, pandemi korona memporak-porandakan Spanyol . Kejadian ini membuat Tebas terlihat gelisah. Ketimbang kehilangan Barcelona, ia lebih memilih menyelamatkan semua klub La Liga. Menurut laporan Football Espana, La Liga terancam merugi hingga EUR 1 miliar (Rp17,5 triliun) jika musim 2019 – 2020 dibatalkan.

“Jika kita tidak melanjutkan (La Liga), kerugian akan bernilai sekitar EUR 1 miliar,” kata Tebas dalam rapat teleconference bersama media internasional lainnya, Selasa (7/4). “Kerugian itu tidak hanya dari liga semata, tetapi juga termasuk uang yang tim dapatkan dari laga di Liga Champions,” tambahnya.

Jika dirinci, La Liga merugi EUR 684 juta dari penundaan semua kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa. Keuntungan EUR 303,4 juta datang jika musim diselesaikan dengan rangkaian pertandingan tanpa penonton, hingga 156,4 juta euro jika digelar dengan menghadirkan penggemar.

Hal ini membuat, La Liga tengah negosiasi dengan asosiasi para pesepak bola Spanyol Asociación de Futbolistas Españoles (AFE), dengan pengajuan proposal untuk pemotongan gaji untuk menekan dampak finansial. Barcelona dan Atletico Madrid telah mengumumkan pengurangan gaji pemain sebesar 70 persen.

Tebas mengatakan pihaknya mendesak para pemain untuk menerima keputusan pemotongan gaji. Toh, uang tersebut akan membantu klub Spanyol yang diperkirakan bertahan hingga Juni tersebut. Di sisi lain, Tebas mengatakan, La Liga, UEFA dan liga domestik Eropa lainnya tengah membahas bagaimana menyelesaikan musim ini dengan baik. Ia mengatakan sejumlah kemungkinan sedang dipelajari, meskipun ia mengakui kemungkinan pertandingan akan dimainkan secara tertutup ketika sepakbola dapat dimulai kembali.

“Skenarionya ada di tiga tanggal yakni 28 Mei, 6 Juni atau bahkan hingga 28 Juni,” katanya. “Tapi kita harus melihat apa yang terjadi pada bulan April. Dan ini bukan hanya tentang Spanyol, tetapi juga di negara lain,” paparnya.

“UEFA sedang mempertimbangkan dua skenario untuk kompetisi Eropa. Yang pertama melibatkan liga dan kompetisi Eropa dimainkan secara paralel: liga di akhir pekan dan pertandingan Eropa di pertengahan pekan,” tambahnya.

Di sisi lain, Blaugrana julukan Barcelona saat ini bisa bernafas lega setelah pemotongan gaji mulai disetujui sejumlah bintang. Saat ini, pengurangan tersebut berhasil menghemat total EUR 21 juta (Rp365 miliar ). Kendati demikian, uang tersebut Blaugrana tak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan biaya, bahkan mereka justru melihat masalah yang lebih rumit berada di depan mata. Karena itulah, Presiden Josep Maria Bartomeu mengungkapkan, pasar transfer tahun ini ‘akan lebih banyak diselesaikan dengan barter daripada uang’ dan itulah prediksi realistis yang mengkhawatirkan saat ini. (fin/tgr)

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
April 08, 2020 at 09:34AM
https://ift.tt/2JQ8W8p

LA LIGA: Pilih Hancur atau Lanjut ! - Jambi Independent Online
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "LA LIGA: Pilih Hancur atau Lanjut ! - Jambi Independent Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.