Search

Takut Resesi, The Fed Pangkas Suku Bunga Lagi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve pada hari Rabu (18/9/19) memangkas suku bunga sebesar seperempat poin atau 25 basis poin. Ini merupakan langkah pemangkasan yang kedua kalinya sejak Juli. Pelonggaran kebijakan kembali dilakukan karena kekhawatiran tentang potensi perlambatan global kian meningkat.

Fed juga diperkirakan akan kembali melakukan pemotongan suku bunga tahun ini jika ekonomi melemah lebih lanjut. Asumsi ini muncul setelah Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan bahwa pembuat kebijakan itu akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencegah resesi terjadi.

"Kami mengambil langkah ini untuk menjaga ekonomi tetap kuat," kata Powell saat konferensi pers dengan wartawan, seperti dilaporkan CNN International.


Tingkat suku bunga Fed (fed fund rate/FFR) kini ada di kisaran 1,75% hingga 2%. Suku bunga ini mengendalikan biaya hipotek, kartu kredit dan pinjaman lainnya.

Dalam sambutannya pada konferensi pers hari Rabu, Powell juga mengatakan The Fed memproyeksikan ekonomi tetap kuat dan inflasi tetap di sekitar target 2%. Dia mengatakan satu atau dua langkah pemotongan kecil bisa saja terjadi di masa depan. Tapi The Fed juga mengisyaratkan tidak akan perlu ada pemotongan suku bunga lagi dalam beberapa bulan ke depan.


"Umumnya peserta Fed berpikir ini akan dicapai dengan penyesuaian sederhana pada fed fund rate," kata Powell. "Jika ekonomi benar-benar turun, maka serangkaian pemotongan suku bunga yang lebih luas bisa tepat. Kami tidak melihat itu. Kami tidak memproyeksikan begitu."

Powell juga menepis bahwa Fed mungkin menerapkan tingkat suku bunga negatif seperti yang diperintahkan Presiden Donald Trump baru-baru ini. Seperti diketahui, Trump telah banyak mengkritik Fed, meminta bank sentral untuk memangkas suku bunga lebih dalam bahkan hingga menetapkan suku bunga negatif agar ekonomi AS kuat.

Akibat langkah pemotongan ini, indeks Dow Jones mencatatkan penurunan 150 poin. Ini terjadi karena investor mengharapkan Fed melakukan pemotongan yang lebih tajam daripada yang diputuskan.

Di tahun 2019 ini, Fed memiliki sisa dua pertemuan kebijakan lagi. Sebanyak 17 pejabat Fed sekarang ini memproyeksikan kemungkinan setidaknya akan ada satu kali lagi penurunan suku bunga, atau pemotongan ketiga kalinya untuk tahun ini. Sementara lima pejabat memproyeksikan tidak akan ada lagi pemotongan suku bunga untuk sisa 2019, mengirim sinyal beragam ke mana tepatnya Fed akan melangkah selanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
September 19, 2019 at 06:32AM
https://ift.tt/2LZtSKX

Takut Resesi, The Fed Pangkas Suku Bunga Lagi - CNBC Indonesia
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Takut Resesi, The Fed Pangkas Suku Bunga Lagi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.