Search

Toyota Kembangkan Teknologi untuk Pengemudi Lanjut Usia - Suara.com

Suara.com - Raksasa otomotif Jepang, Toyota mengembangkan sebuah teknologi terbaru bernama Accelerator Suppression Function (ASF) yang bisa membantu pengemudi lanjut usia. Dalam mengembangkan temuan terbarunya, perusahaan yang berbasis di Tokyo itu memanfaatkan teknologi big data.

Melalui teknologi ini, pengemudi tidak perlu khawatir jika salah menginjak pedal. Pasalnya, sistem akan segera membaca jika pengemudi salah menginjak pedal gas atau rem saat berkendara.

Ilustrasi big data. (Shutterstock)
Ilustrasi big data [Shutterstock].

Melansir Reuters, teknologi terbaru ini kabarnya akan segera tertanam pada beberapa model terbaru Toyota. Nantinya, big data akan mengumpulkan dan membaca data mobil-mobil terkoneksi yang beroperasi di jalan.

Sistem itu akan bekerja secara otomatis tanpa perintah pengemudi. Hanya, sejauh ini belum ada keterangan resmi dari perusahaan model apa yang akan disemati teknologi ini.

Berdasarkan data pemerintah Jepang, 15 persen kecelakaan berat di jalan raya sepanjang 2018 menimpa pengemudi berusia 75 tahun ke atas. Latar belakang inilah yang membuat Toyota mengembangkan teknologi cerdas tadi.

Sebagai informasi, sebelumnya Toyota juga sudah memiliki fitur keamanan bernama Safety Sense generasi pertama yang meluncur pada 2015. Sistem ini berfungsi melakukan pengereman darurat otomatis dan lane departure alert.

Pada 2018, Toyota kembali menghadirkan fitur keamanan Safety Sense generasi kedua yang memungkinkan mobil mengenali pejalan kaki di malam hari dan pengendara sepeda.

Harapannya, teknologi ASF ini nantinya bisa diterapkan di produk-produk konvensional maupun swakemudi, untuk semakin mendukung keselamatan berkendara. Khususnya bagi driver berusia lanjut.

Let's block ads! (Why?)



"lanjut" - Google Berita
February 05, 2020 at 04:00PM
https://ift.tt/36W8A9r

Toyota Kembangkan Teknologi untuk Pengemudi Lanjut Usia - Suara.com
"lanjut" - Google Berita
https://ift.tt/2QdynGZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Toyota Kembangkan Teknologi untuk Pengemudi Lanjut Usia - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.